CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

Kamis, 13 Agustus 2015

Kuntau Didapat dari Pendatang Cina

Kuntau Didapat dari Pendatang Cina
Cover depan film berjudul Kuntau,
produksi Muda Muba Berkarya.
SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Dikatakan Kms Anwar Beck, Kuntau sebenarnya bukan seni bela diri asli Palembang. Kuntau dibawa oleh imigran-imigran Cina yang sudah ada di Palembang saat masih bernama Kesultanan Palembang Darusalam.

Lalu, masyarakat Palembang mulai belajar kuntau setelah melihat pendatang dari Cina menggunakannya saat melawan penjajah.

"Lambat laun, masyarakat Palembang sudah banyak yang mahir dalam memainkan jurus-jurus Kuntau. Mereka mulai mengajarkan ini kepada orang dekat dengan harapan memiliki bekal perlindungan diri selama penjajah masih berada di Bumi Sriwijaya," kata Anwar, Minggu (9/8/2015).

Secara umum, Anwar mengatakan, bela diri saat itu tidak ada perbedaan, entah itu kuda-kuda atau jurus yang digunakan. Namun, karena Kuntau dibawa oleh masyarakat Cina, Kuntaumemiliki beberapa perbedaan dalam beberapa gerakan. Selain itu, kostum yang digunakan saat belatih Kuntau meiliki ciri khas, yakni berwarna serba hitam mulai dari baju, celana panjang, hingga ikat kepala.

Perbedaan lain, lanjut Anwar, terdapat pada senjata yang digunakan. Saat melakukan kuntau, pelakonnya mengunakan besi bercabang, pisau bermata dua, dan balok. Senjata-senjata inilah yang digunakan untuk melawan senjata api yang dimiliki penjajah dan membuat penjajah sedikit gentar menghadapi pribumi.

Penulis: Refli Permana
Editor: Tarso

Sumber: Sriwijaya Post


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...