CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

Kamis, 24 November 2016

Senjata Pencak Kraton Palembang


Dalam pencak keraton Palembang selain dipelajari jurus tangan kosong dan bermacam tehnik pukulan, tendangan, bantingan, kuncian, pernapasan dan lainnya, juga terdapat berbagai jenis peralatan senjata asli tradisional. 

senjata pencak kraton



Kalau kita perhatikan dan amati bentuknya menyerupai bentuk dari perguruan silat pada masa silam. Setidaknya ada 16 jenis senjata pencak keraton Palembang, yaitu: Kerìs, pedang, piso duo, besi cabang, tombak berambu, cangka unak, siangkek, tembung berantai, tongkat, kundur, tameng, kepalan cengkeh, tembung, sampang basah, tat, lading, dll.

Hal ini seperti juga yang berlaku pada zaman kerajaan atau kesultanan yang ada di Indonesia dimana persenjataan sangat dibutuhkan dalam penunjang tugas-tugas keprajuritan dalam keamanan dan pertahanan sebuah kerajaan-kerajaan atau kesultanan. Penggunaan senjata-senjata pada masa itu tidak hanya pada tingkat para pasukan kerajaan, bahkan para raja pada masa dahulu juga menggunakannya sebagai alat untuk melindungi diri mereka terutama dalam menghadapi peperangan. Senjata-senjata tersebut tidak hanya berfungsi secara teknis namun dipercaya juga bertuah.

Keris yang sudah ada sejak jaman kesultanan Palembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...